Senjata Boomerang adalah Senjata Asli Suku Aborigin Australia

Senjata Boomerang-Penduduk yang asli umumnya adalah mempunyai senjata khusus atau senjata khas daerah masing-masing. Bagi suku Dayak mempunyai senjata yang di sebut Sampitan yang di tiup. Dan bagi orang Madura senjata ciri khasnya adalah Clurit yang berbentuk seperti Arit jika di suku Sunda. Sedangkan peduduk asli Australia adalah boomerang.

Penduduk Asli Australia adalah bangsa Aborigin dulunya bangsa Aborigin adalah hidup Sederhana dan hidup mencari binatang liar, untuk berburu dan membela diri bangsa Aborgin kemudian membuat senjata yang khas pada waktu itu, yaitu senjata  yang di beri nama Boomerang.

Boomerang terbuat dari tongkat kayu yang bengkok membentuk sudut tertentu dan pada umumnya senjata boomerang ini membentuk sudut 90 derajat dan atau lebih besar dari 90 derajat. Dan untuk panjangnya senjata ini antara 46 cm sampai 60 cm, dan berat boomerang ini kira-kira 80 ons. Secara garis besar senjata ini terdapat 2 macam yaitu boomerang yang bias kembali dan boomerang yang tidak bias kembali. Umunya boomerang yang tidak bias kembali adalah jenis boomerang yang lebih lurus atau lebih dari 90 derajat, pada umumya sejnjata boomerang yang sudutnya 90 derajat ini biasanya di gunakan untuk berperang dan di gunakan untuk memburu binatang yang besar seperti babi, banteng liar dll. Boomerang ini tidak bias kembali sekalipun boomerang tersebut tidak mengenai sasaran.


Senjata boomerang ini juga dimiliki oleh bangsa Indian yaitu suku Hopi, suku ini menempati  area Arizona, Amerika dan senjata boomerang ini di gunakan untuk berburu hewan kelinci.

Boomerang yang membentuk sudut 90 derajat, cara menggunakannya pun sama, akan tetapi untuk boomerang ini jika senjata tidak mengenai sasaran senjata ini akan kembali ke tempat yang melontarkannya.

Karena boomerang jenis ini biasa kembali, maka oleh penduduk biasanya di gunakan untuk berburu burung terbang seperti burung bangau, dan jika senjata ini kena pada burungya maka senjatanya akan jatuh bersama burungnya.

Boomerang tersebut biasa kembali lagi karena titik terberatnya berada di sudutnya. Sedangkan kedua ujungnya bertindak sebagai sayapnya.

Boomerang terbuat dari kayu, umumnya memang sengaja di pilih bagian kayu yang memang bengkok atau di pilih bagian cabang- cabang yang bengkok.

Namun ada juga boomerang yang terbuat dari kayu lurus, kemudian di bengkokan akan tetapi sebelumnya harus di rendam dulu di dalam air.

hal ini untuk kayu yang di buat dengan kayu yang sudah di rendam di harapkan lebih kuat dan mampu bertahan lama dan tidak mudah patah, pada jaman dahulu suku-suku di aborigin memang sudah mengenal sekitar ribuan tahun yang lalu,dan sampaisaat ini suku Aborigin tersebut masih menggunakan senjata tersebut, terlebih suku aborigin yang hidup dipedalaman Australis, yang notabene masih menjaga adat dan kebiasaan suku leluhur mereka

Sumber : Pengetahuan Ringkas II

Belum ada Komentar untuk "Senjata Boomerang adalah Senjata Asli Suku Aborigin Australia"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel