Laporan Pendahuluan Parkinson

laporan-pendahuluan-parkinson
1. PENGERTIAN
     Penyakit Parkinson merupakan suatu gangguan neurologis progsesif yang mengenai pusat otak yang bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengatur gerakan karateristik yang mucul berupa bradikinesia (perlambatan gerakan), tremor dan kekakuan otot (Smeltzer dan Bare, 2002).a
Parkinsonisme merupakan istilah dari suatu sindrom yang ditandai dengan tremor ritmik, bradikinesia, kekakuan otot dan hilangnya refleks-refleks postural. Kelainan pergerakan diakibatkan oleh defek jalur dopaminergik( produksi dopamine) yang menghubungkan subtansia nigra dengan korpus striatum ( nucleus kaudatus dan nucleus lentikularis). Basal ganglia adalah bagian dari sistem ekstrapiramidal dan berpengaruh untuk mengawali, modulasi, mengakhiri pergerakan, serta mengatur gerakan-gerakan otomatis ( Sylvia dan price, 1999)

2. ETIOLOGI
Penyakit Parkinson sering dihubungkan dengan kelainan neurotransmitter di otak dan faktor-faktor lainnya seperti :

  1.    Defisiensi dopamine dalam substansia nigra di otak memberikan respon gejala penyakit Parkinson,
  2.   Etiologi yang mendasarinya mungkin berhubungan dengan virus, genetik, toksisitas, atau penyebab                 lain yang tidak diketahui.
  3.   Parkinson juga disebabkan oleh obat antara lain: reserpin (serpasil),phenithiszzives,butjrophenous (contohnya haloperidol)
3. PHATOFISIOLOGI

      Secara tepat kelainan di batang otak,yaitu disubstansia nigra mesensefalon sebagai substrat penyakit Parkinson.pemeriksaan makroskopik menunjukkan daerah yang pucat (depigmentasi )pada pars kompacta substansia nigra yang dengan jelas menunjukkan lenyap atau berkurangnya jumlah sel-sel neuromelanin yang menghasilkan dopamine pada penyakit Parkinson.sedangkan pada pemeriksaan mikroskopik menunjukkan adanya badan-badan lewy yang merupakan incrusion body dan mendesak granula-granula neuromelanin yang tersisa ke tepi juga terlihat dekstruksi sel dengan fagositosis sisa sel dan pigmen,serta sel-sel yang masih ada akan menciut dan bervakuola.
Pada penyakit ini biasa muncul pada usia 10-60 tahun,dan factor genetif mempunyai peranan penting dalam keluarga.bila terjadi pada usia dibawah 40 tahun disebut parkinsonismus juvenilis
4. MANIFESTASI KLINIK

    Manifestasi utama penyakit Parkinson adalah gangguan gerakan,kaku otot,tremor,kelemahan otot dan hilangnya reflek postural. Tanda awal meliputi kaku ekstermitas dan menjadi kaku pada semua bentuk   gerakan.
 Bersamaan dengan berlanjutnya penyakit ini,mulai timbulnya tremor kepala dan tangan. Kepala  membungkuk ke depan,berdiri kaku,kehilangan berat badan.mengeluarkan air liur,kemudian ke bagian   tubuh lainnya.
 Adapun manifestasi lainnya mental muncul dalam bentuk penurunan kognitif,persepsi dan penurunan daya ingat.Sedangkan psikologisnya perubahan kepribadian,dimensia dan kompusia akut.

5. PEMERIKSAAN PENUNJANG

    1. Terapi Antikolinergik untuk mengontrol tremor dan kekauan.
    2. Terapi Levodopa merupakan preaprat yang paling efektif untuk menghilangkan gejala.

6. PENATALAKSANAAN KLINIK

    Penanganan penyakit Parkinson adalah Paliasi Famakologik yang ditujukan untuk meringankan tremor dan     kekakuan. Terapi obat bervariasi menurut berat dan lamanya gejala

   1. Penyakit ringan atau dini: pasien dengan gejala yang ringan dapat dimulai dengan obat antikolonergik
   2. Penyakit yang mengganggu aktivitas harian
    Levodopa merupakan obat utama terapi untuk penyakit Parkinson. Efek sampingnya adalah diskinesia,    fluktuasi besar dalam respons sepanjang hari dan gangguan psikis. Misalnya perubahan pola tidur, mimpi   yang seolah-olah hidup dan mimpi buruk.
   3. Penyakit yang sudah berlangsung lama dengan fluktuasi gejala atau selama menggunakan sinemet. Bentuk lepas lambat dari Levodopa atau Karbidopa (Sinemet CR) dapat memperbaiki gejala pasien   dengan flukuasi. Dosis permulaan biasa adalah 1,25 mg dua kali tiap hari, yang dapat ditingkatkan tiap  minggu. Pergolide (permak) suatu agonis dopamin yang lebih kuat daripada bromokriptin dan dapat   digunakan dengan titrasi dosis dari 0,05–0,075 mg tiap hari.



Belum ada Komentar untuk "Laporan Pendahuluan Parkinson"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel