Kakaners

Tempat Berbagi Asuhan Keperawatan dan Artikel Kesehatan

November 21, 2017

Cara Melakukan Pertolongan Pertama Orang Terkena Angin Duduk

November 21, 2017 0
Cara Melakukan Pertolongan Pertama Orang Terkena Angin Duduk
Cara Melakukan Pertolongan Pertama Orang Terkena Angin Duduk-angin duduk, apakah anginnya duduk gitu atau gimana ya, saya juga tidak tahu bertul kenapa penyakit jantung di sebut penyakit angin duduk, apakah memang anginnya duduk di tubuh kita atau bagaimana?
mungkin ada yang tahu bisa menjelaskan kenapa di beri nama angin duduk?

Angin duduk memang istilah yang di gunakan oleh masyaraka kita pada umumnya, penyakit ini bisanya tidak menegal batasan usai bahkan usia anak-anak juga ada yang terkena penyakit ini,
Angin duduk sangat sukar di deteksi pada awal kejadiannya, biasanya langsung terjadi dan langsug parah bahkan samai berkaibat fatal

Angin duduk adalah nama lain dari sakti jantung, terutama menyeranga bagian angina ( salah satu oragan jantung), penyakit ini bisa menyerang tiba-tiba, ini terjdai keran jantung yang kelelahan dan bisa jadi penyebab angin terperangkap di dalam organ jantung, jadi jantung yang akan memopa agak sedikit hambatan

 baca juga: Kamu Ingin Bekerja di Rumah Sakit Pilihlah Salah Satu dari Profesi ini

Kejadian sebagian besar terserang penyakit angin duduk adalah biasanya sebelumnya  memeliki penyakit tertentu, seperti kolesterol, darah tinggi dan gangguan sistem organ lainnya jadi tidak serta merta orang sehat langsung terserang tapi ada penyakit lain dahulu

nah di sini menguraikan sedikit menambah pengetahuan buat anda, yang perlu anda perhatikan
ciri anda terkena sakit angin duduk

rasa dada terbakar
jantung terasa sesak
nyeri hingga menjalar ke bagian punggung bagian kiri, tenggorokan hingga punggung
pertolongan pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi terkena angin duduk adalah

1. posisikan pasien dalam keadaan nyaman

cara terbaik untuk penyakit angin duduk adalah posisikan pasien duduk bersandar ke bantal membentuk sudut 45 deerajat, kemudian pada bagian paha dan betis di ganjal dengan bantal, hal ini agar posisi pasien nyaman dan jika poisis tidur lurus atau 180 derajat akan mengalami tekanan yang lebih pada area  jantung, dan jangan dipaksa untuk minum, kerna takutnya tenggorokan ke selek malam menyubat pernafasan

2. beristirahat

sebelum di bawa ke dokter atau jika pasien mengalamai penurunan kesadaran selalu cek respon pasien apakah keadaanya memburuk atau semakin baik, jika terjadi denyut nadi maka anda orang yang sehat perlu melakukan CPR (cardiopulmonary resusitation),

posisisikan tangan menumpuk di bagian dada, pasien
posisi anda diseblah kiri atau kanan pasien, dengan tungkai kita melipat dan lakukan dorongam dan usahakan tangan keadaan lurus , untuk memberikan tekanan lebih pada tumpuan tangan
tekan dada pasien sebanyak 30 kali tekanan, poisi anda di pinggir pasien, dan lakukan seperti orang memompa, dan selapu cek nadi setelah melakukn 30 kali kompresan (tekanan)

untuk lebih lengkapnya anda bisa browsingn d internet dengankata pencarian cara melakukan RJP (resausitsi jantung paru), ini angt perlu kita ketahui kerna bahwa pengetahuan mengenai RJP ini sangat penting terutama untuk menolong kasus-kasus darurat seperti jantung ini

 makanya anak-anak di negara maju seperti Jepang, AS, Inggris sudah menerapkan CPR ini pada anak anak usia dini, jadi meraka sudah tahu cara-cara yang harus di lakukan jika mendapatakan kasus gawat darurat, anda bisa di lihat film-filam box office anak-anak sudah pandai CPR dan memangil telepon gawat darurat dengan baik, tapi ternaya bukan hanya di film saja dan kenyatanaya pun begitu mereka anak-anak sudah di latih denga baik

nah bagimana dengan anak indonesia sudah bisa apa?

3. berikan obat

jika pasien masih sadar, tanyakan kepada pasien apakah memeliki obat kusus anti angina atau tidak, biasanya orang yang sudah di diagnosa sakit jantung oleh dokter di berikan obat jantung, yang mana jika serangan itu terjadi bisa sesegera diminum., ini sangat baik sekali untuk memperbaikai jantung kembali normal.

makanya jika anda telah di diagnosa mengalami penyakit jantung usahkan di dompet selalu membawa obat, jika terjadi serangan mendadak bisa langsaung di minum, akan tetapi khususnya di negara kita pengetahuan ini sedikit kurang familiar, makanya kejadian serangan angin duduk menyebabkan kematian itu tinggi

dan yang pling penting jika dada anda terasa terbakar, sesak nafas secara tiba-tiba maka hal yang pertama anda lakukan adalah istirahat sebentar jika anda sedang bekerja, dan minta bantuan kepada orang sekitar, ini  untuk memeberi tahu kepada orang sekitar bahwa anda mengalami sakit sesak dan sakit secara tiba-tiba, agar bisa jadi diingkunagn anda ada yang bisa melakukan RJP, siapa tahu kan? Atau enggak anda bisa sesegera di bawa ke rumah sakit

mengapa orang yang sakit angina jika menemukan rasa kaget (reuwas) secara tiba-tiba  langsung jantungnya sakit dan sakitnya mendadak?

kerna emosi akan segera memberikan respon untuk siap siaga mengadapi kondisi, dan aliran darah seketika mengalir dengan cepat sementara jantung kita sedang mengalami masalah, maka apa yang terjadi ? jika jantungnya tidak terlalu bermasalah mungkin bisa di atasi, tapi jika jantungnya mengalami kerusakan yang lumayan parah bisa jadi fatal

dan anda juga bisa merasakan sendiri jika sedang kadaan kaget, emosi dan mungkin kebahagiaan yang terlalu, jantung  kita meras berdebar, nah itu tandanya aliran darah ke jantung mengalir dengan cepat
***

okay mungkin itu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat ya,,, dan yang utama jaga kesehatan kita agar tidak terjadi terserang penyakit angin duduk ini

gos bless you

November 19, 2017

Kamu Ingin Bekerja di Rumah Sakit Pilihlah Salah Satu dari Profesi ini

November 19, 2017 0
Kamu Ingin Bekerja di Rumah Sakit Pilihlah Salah Satu dari Profesi ini
Kamu Ingin Bekerja di Rumah Sakit Pilihlah Salah Satu dari Profesi ini-dulu ketika saya masih bocah, di kira yang bekerja di ruamhs sakit itu hanya dokter bahkan perawat juga saya suka bilang bu dokter atau pa dokter, lucu memang kalau melihat ke belakang kelakuan saya he,, tapi biarlalah kalau masih bocah dan anak jaman old mah mungkin tidak jadi masalah he.he

tapi masih ada juga sih ibu-ibu atau bapak ketika saya masih praktik di rumah sakit ada yang bilang
dok, maaf ini infusannya sudah habis, kalau saya sih di sebut dokter bukan bangga masalahnya  saya bukan dokter, kalau orang lain mungkin di sebut dokter ada yang bisa-biasa saja, tapi kena-nya ke saya tidak mau menerima, kerna itu bukan profesi saya

profesi yang bekerja di rumah sakit bukan hanya satu atau dua profesi saja yang bekerja tapi melibatkan beberapa profesi
Profesi-profesi itu tentu saja memeliki spsesifik masing-masing dan jobdesknya, tidak bercampur tapi ada lho profesi yang campuran itu apa coba?, perawat sama patukangan, ini serius lho, 

Ini  nih pengalaman saya

Ketika dulu saya masih kerja di rumah sakit, saya ditugaskan di ruangan perawatan m yang mana pembagian shif bagi perawat itu memang sudah  biasa sudah jadi makanan sehari-hari 
Pada waktu itu saya dinas sore, dan kebetulan di ruangan yang jaga hanya perawat dan satpam, malang dihari itu  tempat tidur pasien mengalami kerusakan kerna baud dan besinya copot, saya jug tidak tahu menahu yang jelas kindisi bad-nya memang sudah renta di makan usia, sudah mah pasein banyak dan harus segera masuk ruangan  dan naas-nya tidak ada bed yang kosong lagi plus  bed-nya rusak dan tidak ada tukang servis, nah saya putar otak saya daripada pasien gak masuk ya udah saya service , dan kebetulan alat-alat tersedia di ruangan seperti obeng, kunci-kuci, jadi ya udah saya bagusin semampunya saya yang pentingn pasien bisa masuk ruangan, saya jadi perawat iya, tukang service juga okey,, he,,

Baca Juga: Cara memperpanjang Surat Tanda Registrasi perawat

Ini saya lakukan bukan merangkap tukang service juga  pernah jadi perawat merangkap jadi cleaning service, perawat merangkap koki, perawat merangkap jadi satpam, jadi profesi perawat adalah profesi segala di rawat (kidding)

Back to topik

Pekerjaaan di rumah sakit merupakan salah satu kesatuan sistem, yaitu membutuhkan satu dengan yang lainnya, profesi-profesi ini dah profesi yang lazim di temui di rumah sakit

1. Dokter

Profesi ini jelas pasti ada, kerna jiklau tidak ada dikter buakn rumh sakit namanya.  Peranan dokter di ruamh sakti taerntu saa sagt vital , kerna jika pasien bagimana menentukan diagnosis penyakit jika dokter ini tidak ada,
Dokter memekiki banyak specialis seperti dokter bedah, anak, syaraf, otak dll

2. Perawat

Peranan perawat di rumah sakit ini sangat vital juga sama halnya dengan dokter , kerna bagiamana tidak jika tidak ada perawat siapa yang  menjaga di rumah sakit, seperti memberikan obat, tindakan medis, membersihkan luka, memberiakn edukasi dan membut asuhan keperawatan
Perawat juga memeliki specialis keahlian masing-masing seperti perawat anak, UGD, komunitas, kamar operasi
Dan tentu saja memeliki tahapan pendidikan yang beragam

3. Apoteker

Apoteker, profesi ini sangt vital juga kerna peranannya sangt di butuhkan  kerna yang namanya di pelayana kesehatan saling membutuhakn antar satu dan lainnya, fungsi apoteker ini memberiakn obagt setelahdi resepkan oleh dokter,

Nah tidak bisa di bayangkan jika di dalam rumah sakti tidak ada apoteker, siapa yang mau memberiakn obat, kerna sesuatu di beriakn kepad abukan ahlinya tentu tidak akan maksimal


4. Ahli gizi

Ahli gizi , sudah tahu belum kamu yang suka ngasih makan kepada kamu ketika kamu di rawat rumah  sakit,  nah orang yang ngasih makan itu adalah ahli tata boga dan juga di  awasi oleh ahli gizi,

Tidak kebayang juga misalnya kamu harus diet rendah garam, namun tidak ada ahli gizi bagimana mau menentukan kadar kalorinya makanan tersebut

5. Radiografer

Nah ini profesi yang mantap, preofesi ini tugasanya di bagian Ct-scan, MRI, para radiografer ini membantu dokter untuk menegakkan diagnosis,

Kebaeradananya sangat di butuhkan kerna apa, kerna jika profesi ini tidak ada bisa saja adoktaer akan mengalami ksseulitan unutk menentuakn dignosisi, kerna radiografer ini termasuk  diagnosis tambahan

6. Ahli Rekam Medis

Saat kamu berobat ke rumh saktipati kan memutuhakn data-data penting, mulai dari identitas, jenis penyakiit , tindakan , pelayanan , hasil pemeriksaan,

Nah kenapa ini mesti di catat kerna catatan ini bagi dokter sangat di butuhkan kerna berkaitan dengan hukum juga, misalnya jika ada komplen dari pasien, kejanggalan dll, maka dengan ada catatan yang rapi dan terstruktur semua kegiostsn akan berjalan rapi, maka tugasnya ini adalah orang rekam medis

Nah untuk profesi –profesi lain seperti cleaning service, ahli IT, dan mungkin teknik-teknik lain mah tidak saya sebutkan kerna tidak terlbia langsung dengan penganan pasien tapi hanya sebagai pendukung

***
Nah apakah kamu tertarik dari ke enam profesi ini ? atau malah sebaliknya tidak menyukai profesi-profesi di atas

God bless you 

October 28, 2017

Cara memperpanjang Surat Tanda Registrasi perawat

October 28, 2017 0
Cara memperpanjang Surat Tanda Registrasi perawat
Cara memperpanjang STR perawat-Aduh kalau bicara str saya menjadi takut sih, iya bner takut, kerna saya pernah mengikuti ujian str sebanyak 3 kali ujian tidak kunjung juga lolos ,*emot sedih*
Lagi lagi STR, ini yang menjadi permasalahan bagi perawat, STR meruapakan momok yang menakutan bagi perawat , mangapa saya bilang ini manjadi momok , kerna STR ini adalah nyawa dari seorang perawat, kerna gini jika kamu lulus kuliah namun tidak mengikuti atau tidak lulus ujian str maka di pastikan anda tidak bisa kerja di pelayanan kesehatan seperti melayani pasien, kerna perawat yang bisa melayani pasien hanya perawat yang sudah tersertifikasi/memeliki str  , sedih banget yah nasib kita,

tapi jangan khwatir sih jika kamu yakin dan bisa lulus keika ukom pekerjaan pasti menuggu anda, tapi ini nasib teman kita yang sudah lulus bertahaun-tahun namun tidak memeliki str gimaana coba pasti nganggur dong, kalau engak banting profesi lain

Makana tidak sedikit seperti teman saya yang melanjutkan ke profesi lain, ada yang ngambil manajeman, akutansi, dan bahkwan menjadi blogger seperti saya ini, tapi saya yakin walapun keluar dari dari profesi perawat juga rizki tuhan ada di mana-mana

Baca juga: Eh Lho Jangan Salah Perawat Juga Butuh Piknik Tau

Mau kerja di rumah sakit tidak bisa kerna kurang persyaratan, mau kerja lain juga susah , bahkan ada satu perusahaan yang secara terang-terangan menolk profesi dari keperawatan

wah ini musibah bagi perawat, tapi jangan mandek jika ingin melanjutkan jadi perawat yo lanjutkan tapi jika ingin loncat ke profesi lain juga boleh, toh rezeki tuha ada di mana-mana, jangan khawatir tuahn pasi menolong kepada orang yang berusaha

Nah di bawah ini bagi perawat yang sudah lulus ukom dan ingin memperpanjang STR persyaratannya

1. Izasah legalisir di cap basah  2 lembar
2. Ijasah foto copy                       3 lembar
3. STR legalisir                                               2 lembar
4. STR photo copy                                        3 lembar
5. KTP photo copy                                        3 lembar
6. KTA photo copy                                         3 lembar
7. Pas photo 4x6 latar merah baju perawat   12 lembar
8. Map pink                                                   3 pcs
9. Map plastik hijau                                       2 pcs
10. Sertifikat asli sebanyak 25 skp
11. Photo copy sertifikat 25 skp    3 lembar

NB biasanay semua berkas di msukkan ke dalam map pink dan di sampul map di tulis identitas diri pemohon seperti nama, tempat kerja, nama ibu kandung, nomor hape, alamat rumah, NIRA

Nah itulah kawan yang ingin memperpanjang STR, semoga informasi ini bisa membanatu teman-teman sejawat semua

God bles you

October 25, 2017

Eh Lho Jangan Salah Perawat Juga Butuh Piknik Tau

October 25, 2017 0
Eh Lho Jangan Salah Perawat Juga Butuh Piknik Tau
Eh Lho Jangan Salah Perawat Juga Butuh Piknik Tau-piknik, eh siapa yang gak butuh piknik, pasti kamu juga jika di Tanya, eh kau butuh piknik enggak, pasti jawabnya butuh doong,
iya lah siapa yang enggak mau senang-senang, kerna kita tahu piknik identic dengan senang-senang, hangout bareng, makan bareng, iya kan,,, di tambah lagi jika mengantongi uang banayak, lenkap sudah rasanya,, hidup ini aman dari kekurangan materi hee.. hee

nah jika ada yang bertanya apakah perawat butuh piknik juga, pasti jawabanya butuh, apalagi perawat kita tahu dengan kerja yang luar biasa padat, menghadapai orang-orang yang berkunjung ke rumah sakit dengan berbagai macam keluhan

apalagi yan namanya rumah sakit yang datang itu bukan orang yang bahagia yang ada datang orang-orang yang sedih kerna penykitnya, kerna justru mereka  datang ke rumah sakit juga mau berobat ingin sembuh, dan ingin bahagia,

 Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Coba Agar Hidup Lebih Powerfull

nah siapa yang ada diruma sakit tersebut? ada dokter, ada perwat ada OB, an profesi lainnya, jadi rasanya perawat ini sebagai pelayan kesehantan orang-orang yang sakit, emang iya kan,,kita tidak bisa di pungkir apalagi perawat yang jaga selama 24 jam penuh, tidak bisa tidak ada, kerna kalau 1 hari tidak ada dokter rasanya tidak masalah, nah jika 1 hari tidak ada perawat bisa jadi pasien kabur semua tuh, he.. hee

maknaya wahai para pasein hargai jerih payah kami, hargai kinerja kami, supaya kami melayani anda-anda semua bisa bahagia, kerna kerja kami bukan hanya bekerja mencari nafkah akan tetapi bekerja dengan hati pula,

walapun kinerja kami kadang di pandang sebelah mata oleh sbagian orang misalnya kerna kinerja tidak professional, kinerja kurang maskimal, itu kerna kekuranga kami-kami, kerna yang namanya manusia ada batas maksimal dan ada khilaf, makanya maafkan kami
makanya sebgaian perawat ada yang mengeluh, dengan alasan sedikit libur dengan alasan jadwal kerja yang terlalu padat, makanya perawat-perawat banyak yang marah-marah itu kerna mungkin mereka kurang piknik

kita tidak bisa di pungkiri kerja perawat itu dalam sebulan berapa puluh jam, kamu bisa hitung, kayanya kerja perawat itu bisa jadi top-skor kerja paling banyak jam deh,,, jika di bandingkan dengan profesi lain perawat paling banyak, apalagi di banding-bandingkan dengan profesi lain yang ada di lingkunag rumah sakit, sepeti dengan ahli gizi, dokter, rekam medis, pasti di antara seantero profesi yang ada di rumah sakit kita lah pemenangnya, masih mending kita menang dalam perlombaan nah ini coba pemenag jam kerja terbanyak capee dehh

jadi bagi kami-kami rumah sakit adalah rumah kedua, selain tempat bekerja juga tempat kami berdiam, maknya jika kita ingin betah belerja di ruamh sakit menjaga solidaritas dan kekeluargaan antar sesame teman sejawat sangat diperlukan , jangan sampai antara dalam satu ruangan ada diskomunikasi ,maka ini akan memacu keretakan pertemanan antara teman sejawat, dan menjadikan team tidak harmonis

nah bagaimana cara kerja kita semakin bersemangat dan tidak suka marah-marah?
nah di sini butuh kajian khusus yang secara mendalam, kenapa perawat suka marah-marah, kadang mengahdapi pasien suka ketus, pasang muka tidak bersahabat, ini perku di kaji yang lebih, apakah permaslahan keluarga, masala dengan rekan kerja, masalah dengan tindakan atau apa, ini perlu teman dekat yang bisa mengungkapkan ini semua, kerna yang namanya orang jika tidak kenal dekat jarang sekali mengungkapkan perasaanya, apalagi orang tersebut mempunyai sifat tertutup
jadi jangan salah perawat juga butuh hiburan, perawat juga butuh shoping, kerna kita kerja selain butuh pahala juga butuh materi juga

makaya jika and merasa jenuh, merasa gampang marah, berarti anda butuh piknik, kerna kita bukan super hero, kerna perawat juga manusia, setuju..

God bless you



October 08, 2017

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Coba Agar Hidup Lebih Powerfull

October 08, 2017 0
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Coba Agar Hidup Lebih Powerfull
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Perlu Anda Coba Agar Hidup Lebih Powerfull-kolesterol memang jadi momok ang menakutkan bagi kita terutama jika anda mengalami usia lebih dari 40 tahun , kera kebanyakan kolsetol menyerang pada usia-usian yang sudah tua, walapun tidak sedikit usia muda juga terserang dengan penyakit kolesterol kerna mungkin factor gaya hidup ynag tidak sehat seperti sering makan fastfood, dan makan tinggi lemak lainnya

di sisi lain lemak (kolesterol) itu baik untuk tubuh di sisi lain sangat berbahaya jika kandungan di dalam tubuh melebihi batas yang d butuhkan, koleterol di buat oleh hati dan sebagian di daptkan dari makanan, kolesterol yang tinggi sebnarnya tidak memeliki gejala apapun akan tetapi dapat meningkatkan resiko kondisi keseahtan yang serius

yuk mengenal fungsi kolesterol bagi tubuh

kolesterol di bawa oleh darah bersama protein dan jika kedua di gabungkan disebut lipoprotein ada dua jenis lipoprotein yaitu LDL (low density lipoprotein) dan HDL (higt density lipoprotein)
LDL kolesterol jahat, dan LDL kolesterol baik, LDL berasal dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya, namun jika terlalu banyak kolesterol di sel maka akan membangun di dinding sel arteri dan akan menyebabkan penyakit pembuluh darah dan dengan alasan tersebut maka LDL di sebut kolesterol jahat

Baca juga: Cara Mengatasi Gigi Berlubang dan Cara Merawat Gigi Berlubang

HDL adalah jenis kolesterol yang membawa kolesterol jahat (LDL) dari sel sel kembali ke hati dengan alasan ini kolesterol HDL di sebut kolesterol yang baik

jumlah kolesterol HDL dan LDL dapat di ukur dengan tes darah, tiap orang tentu sangat berbeda antara orang dewasa yang sehat dan orang yang memelki resiko tinggi terhadap suatu penyakit
mengapa anda perlu menurunkan kadar kolesterol

penyempitan pembuluh daah
serangan jantung
stroke

hal ini terjadi karena kolesterol dapat menggumpal di dinding arteri membatasi aliran darah ke jantung, otak dan saluran tubuh lainnya,
nah jika terkai penggumpalan kolesterol di arteti makan yang terjadiadlah jantung coroner (saat pasukan darah ke jantung di blokir)

penyebab kolesterol tinggi

banyak sekali factor yang menyebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh anda
makan makanan yang sudah jelas mengandung kolesterol tinggi (di kenal makanan berkoleterol)
merokok
bahan kikmiaang di temuak dalam rokok yang di sebyt akrolein bisa menghentikam HDL yang mebawa LDL kembali ke hati dan ini terjadi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah
memeliki riwayat penyakit diabetes dan darah tinggi
keluarga memelki penederita stroke atau penyakit jantung

bahkan ada knsii ketrurnan yang dikenalsebahgai hiperkolesterolemia familial hal in dpat menyebabkan kolesterol tinggi, bahkan  yang selalu mengkonsumsi makan sehat

kapan sebaiknya perlu tes kolesterol

anda bisa melakukan tes kolesterol di puskesmas atau di rumah sakit
telah di dagnosa memeliki penyakit jantung coroner, stroke
memeliki riwayat keluargan memeliki penyakit kardiovaskuluer (jantung)
memelki keluarga kolesterol tinggi
obesitas
memelkij darah tinggi, diabetes dan kondisi yang meneybabkan kadar kolesterol tinggi seperti tiroid yang kurang aktif

bagaimana cara anda menuerunkan kolesterol

caraya baik adalah dengan menkonsmimakan penurun kolesterol yang sehat dan seimbang, seperti buah-buahan sayuran, seral, gandum ini sangat baik untuk mencegah keolesterol datang kembali
gaya hidup yang baik dan teratur seperti melakukan olahraga rutin, berhenti udud ini sangat baik, dan baca berbagai referensi kesehatan untuk menurunkan kolesterol baik di dapat dari buku atau internet yang kredible dan juga membaca tips kesehatan untuk menjaga kebugaran tubuh

ini sangat baik anda perluas wawasan anda untuk mendapatkan informasi yang lebih akuratat, dan alangkah lebih baik konsultasi dengan dokter mengenai jenis makan yang perlu di makan dan pola hidup yang sehat

God BlessYou



loading...