Awal Penggunaan Kertas di Dunia

Bagaimana Awal Penggunaan Kertas Di dunia- Kertas memang untuk saat ini sangat mudah sekali di temukan baik di pasar, di mini market, mall ataupun warung kecil

Dan kita juga tidak  bisa membayangkan bagaimana jika tidak ada kertas ,kita ingin menulis di benda apa? Orang Mesopotamia adalah orang yang pertama kali membuat tulisan pada tanah liat yang di campur air, jika tanah tersebut mengering maka tanah tersebut di bakar. Dengan begitu tulisan tidak akan hilang dan tetap membekas pada tanah bakar itu. Lain lagi bangsa Mesir Kuno menulis pada daun Papirus, mula-mula daun Papirus itu di lebarkan dan dikeringkan dan pada daun yang sudah melebar itulah orang Mesir Kuno menulis.

Cara yang hampir mirip itu juga bangsa Bali kuno menulis di daun Lontar, daun-daun lontar itu kemudian di keringkan dan cara menulisnya adalah dengan menggunakan tali dan di anyam.

Awal penggunaan kertas baru setelah tahun 105 orang benar-benar menggunakan kertas, penemuan kertas pertama kali oleh orang China yang bernama Ts’ai Lun. Kertas temuannya ketika itu adalah dari serat kayu bagian dalam, kemudian kulit kayu tersebut dengan cara di hancurkan yaitu di rendam di dalam air, cara ini untuk memisahkan anatar serat dan kulit kayu, kemudian kulit kayu yang  berupa bubur itu di tuangkan di atas tampah dari bambu. Setelah bubur kulit kayu itu mengering jadilah selembar kertas. Kemudian orang China membuat kertas dari bambu dan kain-kain tua. Selanjutnya di temukan cara menyapukan adonan kertas pada nampan akan tetapi cara ini menghasilkan jenis kertas yang tipis dan halus.

Dan awal perkembangannya kertas di dunia pada zaman itu pedagang-pedagang China mengembara ke barat sampai ke Samarkan dan disinilah ini banyak pedagang-pedagang Arab berada ,bangsa Arab mengenal mengenai rahasia cara membuat kertas melalui pedagang China itu.

Selanjutnya perkembangannya di dunia bangsa Arab sering berdagang ke Negara-negara Eropa khusunya Spanyol kemudian dari sinilah cara membuat kertas menyebar ke seluruh Eropa.

Sejak saat itu cara membuat kertas di kembangkan terus. Pada tahun 1798 Perancis berhasil membuat sejenis mesian pembuat kertas. Itulah kertas yang terdapat dimana-mana sampai saat ini.

dan kertsini sekarang sudah biasa di gunakan di beberapa perusahaan maupun kantor,

karena kita tahu bahwa kita tidak akan bisa menulis jika tidak ada kertas dan ballpoin,

dan maka dari itu mulai dari awal pembuatan kertas sampai saat ini kertas tidak pernah tergantikan dengan yang lain,seperti buku-buku dan koran dan media cetak lainnya

dan kita harus bangga dan memberi afresiasi kepada penemu kertas pada jaman dahulu karena manfaatnya sampai saat ini, mungkin saja sampai kelak,

Wallahu Alam

Sumber : Pengetahuan Ringkas 2

Belum ada Komentar untuk "Awal Penggunaan Kertas di Dunia"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel