Manusia Pertama yang Menginjakan Kaki di Bulan

Manusia Pertama yang Menginjakan Kaki di Bulan-Dahulu cerita Flash Gordon dan cerita karangan Jules Verne tentang manusia di bulan hanya khayalan belaka tidak sesuai dengan kenyataan.Akan tetapi sejak tahun 1969 kisah itu benar-benar menjadi kenyataan.

seperti halnya dengan cerita di kalangan suku Sunda Jawa Barat, jika melihat Bulan pada sore hari kemudian suka terlihat ada hitam di bulan tersebut dan kata nenek moyang, bahwa di bulan tersebut ada Nenek moyang yang sedang duduk sambil mengembala kambing, dan tentu mitos ini sangat jau sekali dan tidak mausk akal juga bukan.

dan untuk pertama kalinya manusia ke bulan menjadi kenyataan ini contohnya.

Pada hari rabu pada tanggal 16 juli 1969 pukul 20.32 atau pukul 13.32 waktu GMT. Amerika serikat meluncurkan pesawat ruang angkasa Apollo 11.Peluncurannya dari Cape Kennedy di Florida, Amerika Serikat.Pesawat itu membawa astronout Neil Amstrong, Edwin E. Aldrin dan Michael Collins.

Pesawat Apollo 11 di lontarkan ke ruang angkasa dengan menggunakan roket Saturn 5. Sedangkan pesawat Apollo 11itu sendiri terdiri dari pesawat komando, pesawat  perlengkapan dan pesaat pendarat bulan. Pesawat komando dan pesawat perlengkapan di sebut pesawat Colombia.Pesawat untuk pendaratan di bulan di sebut Eagle yang artinya burung raja wali.

Pada hari sabtu 19 juli 1969 pukul 17.22 waktu GMT pesawat sudah memasuki orbit dan gaya terik bulan. Kemudian pukul 23.22 waktu GMT astronot Amstrong dan Aldrin memasuki memasuki pesawat  pendarat di bulan yaitu Eagle

Hari minggu 20 juli 1969 pukul 17.47 Eagle meninggalkan pesawat induk Colombia.Pesawat induk itu di kendalikan oleh Michael Collins dan teap mengorbit bulan.Sedangkan Eagle dan dua astronotnya melakukan pendaratan di bulan pertama kalinya.

Pesawat Eagle meluncur menuju orbit bulan.Ketika pesawat sudah masuk e permukaan bulan, mesin Eagle dinyalakan.Maksudanya agar Eagle meluncurnya tidak cepat.Dengan denmikian di harapkan Eagledapat mendarat di bulan dengan lunak dan selamat.


Usaha para astronot di bulan berhasil baik. Pesawat Eagle mendarat di bulan  dengan lunak di permukaan bulan pada pukul 20.21 waktu GMT atau pukul 03.18 WIB


Meskipun pada hari minggu itu mereka sudah sampai di bulan, namun para astronot belum juga turun dari pesawat angkasanya.Mereka menunda sampai ke esok harinya.

Hari itu senin 21 juli 1969 Neil Amstrong membuka pintu pesawat Eagl. Astronot itu kemudian menuruni tangga pesawat, pada pukul 09.56 WIB atau kira-kira pukul 02.39 waktu GMT, untuk pertama kali Neil Amstrong menginjakan kakinya di permukaan bulan di jamah manusia

Pada hari yang sama pukul 10.16 WIB atau kira-kira pukul 02.29 waktu GMT Aldrin menyusul turun dari pesawat Eagle ke permukaan bulan.

Itulah untuk pertama kali manusia membuktikan bahwa di bulan tidak ada udara, berarti juga tidak ada kehidupan, di bulan tidak ada bunyi bulan  adalah benda yang mati dan sunyi, di bulan hanyalan terdapat gumpalan-gumpalan batu tanah nya lembut dan rapuh karena itu tapak kaki mereka membekas mendalam

Daya tarik bulan sangat kecil sekali, karena itu tubuh  mereka terasa ringan sehingga sukar berjalan. Tugas para astronot adalah memasang bendera Amerika serikat dan mengumpulkan contoh batuan bulan. Mereka kira-kira hanya 3 jam berada di bulan. Mereka kemudian kembali ke bumi dengan menggunakan Colombia

Hari kamis 24 juli 1969 pukul 16.50 waktu GMT pesawat Apollo 11 mendarat kembali ke bumi. Pesawat mendarat di lautan Pasific, kira-kira 1.500 km sebelah barat daya Hawaii.Itulah sejarah pertama kali permukaan bulan di jamah manusia.

Sumber: Majalah Warnasari

Belum ada Komentar untuk "Manusia Pertama yang Menginjakan Kaki di Bulan"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel