TEHNIK KOMUNIKASI TERAPEUTIK

Komunikasi adalah suatu tanda keramahan sebagai umat manusia
untuk format ini silahka anda gunakan untuk saat melakukan teknik therapetik

Teknik
Keterangan
Contoh
Listening (Mendengarkan)
Proses yang aktif antar perawat danklien dimana perawat sebagi alat utama untuk memhami kebutuhan klien
Pendengar  yang aktiv berarti memberikan perhatian penuh, menginterprestasikan dan mengingat apa yang di dengar
Making ‘’sense’’ dari apa yang kita dengar
·         Pertahankan kontak mata
·         Posisitubuh rileks dan santai
·         Badan condong ke depan
·         tangan terbuka
·         Perlihatkan bahwa anda tertarik dengan apa yang di utarakan oleh klien
·         ekspresi wajah sesuaikan dengan suasana emosional atau affeksi pada saat ini
Asking question
a.     Open- ended (terbuka)





b.      Close- ended
(tertutup)
Pertanyaan yang tidak bias di jawab ya, tidak atau hanya satu kata
Peranyaan: Apa, bagaimana, kapan, dimana,  dengan cara apa atau bisakah ndamenceritakan pada saya tentang …


Pertanyaan yang bias di jawab ya,tidak atau satu kata saja di gunakan untuk menggaliinformasi yang di gunakan untuk menggali informasi yang diperlukn dengan segera.
Apa yang sedang bapak pikirkan …?
Darimana anda akan memulainya…?
Apa yang anda ingin katakana hari ini…?
Bagaimana perasaan andaketika peristiwa itu terjadi ,,,?
Pada saat itu bapak merasa sedih atau tidak…?

Ibu merasa di tinggalkan
Ibu selalu memikirkan msalah tersebut..?
Apakahibu segeramencaripertolongan saat itu …?
Apakah dia membohongi anda…?
Apakah pada saat itu segera minum obat…?
Silence (diam)
Bertujun,diam/kosong sejenakkemudian diikuti dengan komentar verbal.di gunakan untuk memberi waktu kepada klien dan perawat untuk memproses informasi dan melakukan refleksi
Kontak mata,posisi tubuh yang rilekstidak tegang, sedikit conndong kemuka,posisi tngan yang terbuka, posisi tubuh yang sejajar
Attending behavior (hadir)
Kemampuan perawat untuk mempertahankan posisi tubuh yang terapetik saat berkomunikasi dengan klien
Kontakmata,posisi tubuh yang rileks, tidak tegang, sedikitcondong,  kemuka, posisi tangan yang terbuka,posisi tubuh yang sejajar
Clarification (klarifikasi)
Respon yang di tampilkan perawat dalam memahami pesan klien melalaui feed back dan mencari informasi lainnya.
Dilakukan bila ada keragu-raguan atau ketidak jelasan
Saya tidak yakin bahwa saya mengikuti anda dengan baik…? Apa sebenarnyaide utama yang hendak anda sampaikan …? Saya kurang mengerti tentang apa yang baru saja anda sampaikan….? Bisakah anda mengatakan dengan lebih jelas…? Apa yang anda maksudkan yang baru saja sampaikan …? Apa yang maksud bapak maksud dengan …?
Reflection (refleksi)
Respon yang memahamiemosi klien yang di ungkapkan secara verbal, untuk memperjelas perasaan-perasaan yang di alami klien
Tampaknya anda khawatir dengan haltersebut…? Halite membuat anda merasa cemas…?anda merasa mereka menghianati anda dan halite membuat anda sedih..? hal tersebut membuat anda marah …? Anda belum mampu mengatakan bahwa anda mencintai dia …. Dan hal itu membuat anda cemas … menurut anda apa yang harus anda lakukan…? Anda merasa marah ketikaanda tahu dia membohongi anda..?
Summarizing (merangkum)
Digunakan pada akhir interaksiuntuk mengulang danmerangkum proses interaksi yang panjang menyimpulkan dan mengidentifikasi perkembangan proses interaksi yang terapetik
Selama beberapa jam anda dan saya telah membicarakan hal … anda mengatakan bahwa …hal ini berarti …
Feedback /validasi
Informasi khususyang di berikan kepada seseorang dengan cara menggambarkan secara sederhana reaksi seseorang terhadapperilaku yang di tampilkannya. Penerima feedback bebas untukmenerima atau menolak gambaran ini
Katakana pada saya apakah pemahaman saya tentang apayang anda ungkapkan benar atau salah…ketika anda mengungkapkanperasaan/pikiran andatadi ini berarti,,,, apakah bapak sudah dapat menyebutkan kembali apa yang baru saja di jelaskan tadi…? Bagaimana bu …?apakah masih terasa nyeri …? ketika dia mengatakan hal tersebut, anda merasa …
Giving information (memberikan informasi)
Memberikan fakta-faktamenjwb pertanyaan klien dan memberikan informasi yang tidak di ketahui atau tidak dimengerti oleh klien
Saya bias menjelaskan tentang pengobatan yang sekarang anda dapatkan… kami memeliki grouf terapi di sini, naa saya adalah ….jam berkunjung dirumah sakit ini adalah … tujuan saya beradadi sini saat ini adalah… saya akan membawa anda pada situasi …
Touch (sentuhan)
Respon verbal yang baik, ketika emosi yang dalam tidak mampu d ungkapkan oleh seseorang.
Bersifat terapetik bila hanya di lakukan dengan sentuhan di punggung,tangan dan bahu, perhatikan budaya
Emphaty (empati)
Mengenal dan memahami perasaan klien
Saya dapat memahami betapa hal tersebut menyakitkan bagi anda….
Restating (mengulang kembali)
Mengulang kembali kata-kata yang di ucapkan oleh  klien untuk mengingtkan klien tentang apa yang telah dikatakannya, membiarkan  klien tahu bahwa dia didengarkan
Anda mengatakan andaakan segera pulang…bosan…?
Klien: saya tidak dapat tidur, saya terjaga semalam…Perawat:bapak terjaga semalaman.. ?
Identifying theme (mengidentifikasi tema)
Bertanya pada klien untuk mengidentifikasi pikiran, perasaan dan polaperilaku yang baru saja terjadi
Jadi apa yang anda lakukansetiap kali anda berselisih pendapat dengannya…? apa perasaan anda ketika anda memeliki konflik dengan ayah anda …?
Focusing (memfokuskan)
Membicara tentang satu topiksampai di mengerti  benar oleh klien
Mari kita ke topic semulamengeni…bisakah anda jelaskanlebih detail mengenai …? Apa yang terjadi ketika anda merasakan hal ini…? Tampaknya topic ini akan lebih menarik jika kita melihat darisisi … bisakah andamembericontoh mengenai apa anda maksudkan …?saya harapkita bias berdiskusi tentang … lebih dalam lagi
Interpreting (interprestasi)
Memberikanpandangan pribadi kepada klien dengan menekankanmakna yang penting dari komunikasi yang terjadi
Nampaknya hal tersebut sangat berarti bagi anda … seolah-olah anda mendapat masalah besar saat anda … hal yang ingin anda sampaikan mencoba mengataka sebenarnya adalah… anda mencoba mengatakan
Bahwa… secara tidalk sadar anda mencoba mengatakan bahwa …
Making observation (observasi)
Memberi komentar terhadap ap yag di lihat atau di dengar untuk memfasilitasi diskusi
Anda kelihtan tegang pagi ini… saya perhatikan anda ….ibu tampak tidak nyaman ketika ibu mengatakan…saya memperhatikan anda menggigit lidah anda ketika dia mengatakan hal itu
Presenting reality (menghadirkan realitas)
Memberikan pandanganpribadi apa yang nyata dan apa yang tidak nyata, tanpa berargumntasi dengan pasien
Saya tidak melihat orang lain di ruang ini…suara itu berasal dari mobil yang di hidupkan mesinnya di belakang rumah…ibumu saat ini tidak ada di sini,saya perawat… saya tidak melihat gajah di sekitar sini…iniadalah rumah sakit, bukan hotel..
Encouraging comparison
Menanyakan pada psien persamaan-persamaan dan perbedaan -perbedaan tentang persaan, perilaku dan situasi- situasi yang terjadi.
Hal ini terjadi seperti…apakah andamempunyaipengalaman yang sama dengan mereka?pernahkah halini terjadi sebelumnya…? Jadi apa perbedaan antara dua haltersebut.. ?bagaimana hal ini dapat andabandingkan ketika anda…?apa respon anda ketika hal itu terjadi.. apakah anda juga mealkukan…?


Belum ada Komentar untuk "TEHNIK KOMUNIKASI TERAPEUTIK"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel