TEHNIK KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Rabu, Oktober 19, 2016
Tambah Komentar
Komunikasi adalah suatu tanda keramahan sebagai umat manusia
untuk format ini silahka anda gunakan untuk saat melakukan teknik therapetik
untuk format ini silahka anda gunakan untuk saat melakukan teknik therapetik
Teknik
|
Keterangan
|
Contoh
|
Listening
(Mendengarkan)
|
Proses
yang aktif antar perawat danklien dimana perawat sebagi alat utama untuk
memhami kebutuhan klien
Pendengar yang aktiv berarti memberikan perhatian
penuh, menginterprestasikan dan mengingat apa yang di dengar
Making
‘’sense’’ dari apa yang kita dengar
|
·
Pertahankan
kontak mata
·
Posisitubuh
rileks dan santai
·
Badan condong
ke depan
·
tangan terbuka
·
Perlihatkan
bahwa anda tertarik dengan apa yang di utarakan oleh klien
·
ekspresi wajah
sesuaikan dengan suasana emosional atau affeksi pada saat ini
|
Asking
question
a. Open- ended (terbuka)
b. Close- ended
(tertutup)
|
Pertanyaan yang tidak
bias di jawab ya, tidak atau hanya satu kata
Peranyaan: Apa,
bagaimana, kapan, dimana, dengan cara
apa atau bisakah ndamenceritakan pada saya tentang …
Pertanyaan yang bias
di jawab ya,tidak atau satu kata saja di gunakan untuk menggaliinformasi yang
di gunakan untuk menggali informasi yang diperlukn dengan segera.
|
Apa yang sedang bapak
pikirkan …?
Darimana anda akan
memulainya…?
Apa yang anda ingin
katakana hari ini…?
Bagaimana perasaan
andaketika peristiwa itu terjadi ,,,?
Pada saat itu bapak
merasa sedih atau tidak…?
Ibu merasa di
tinggalkan
Ibu selalu memikirkan
msalah tersebut..?
Apakahibu
segeramencaripertolongan saat itu …?
Apakah dia membohongi
anda…?
Apakah pada saat itu
segera minum obat…?
|
Silence
(diam)
|
Bertujun,diam/kosong
sejenakkemudian diikuti dengan komentar verbal.di gunakan untuk memberi waktu
kepada klien dan perawat untuk memproses informasi dan melakukan refleksi
|
Kontak mata,posisi
tubuh yang rilekstidak tegang, sedikit conndong kemuka,posisi tngan yang
terbuka, posisi tubuh yang sejajar
|
Attending
behavior (hadir)
|
Kemampuan perawat
untuk mempertahankan posisi tubuh yang terapetik saat berkomunikasi dengan
klien
|
Kontakmata,posisi
tubuh yang rileks, tidak tegang, sedikitcondong, kemuka, posisi tangan yang terbuka,posisi
tubuh yang sejajar
|
Clarification
(klarifikasi)
|
Respon yang di
tampilkan perawat dalam memahami pesan klien melalaui feed back dan mencari
informasi lainnya.
Dilakukan bila ada
keragu-raguan atau ketidak jelasan
|
Saya tidak yakin
bahwa saya mengikuti anda dengan baik…? Apa sebenarnyaide utama yang hendak
anda sampaikan …? Saya kurang mengerti tentang apa yang baru saja anda
sampaikan….? Bisakah anda mengatakan dengan lebih jelas…? Apa yang anda
maksudkan yang baru saja sampaikan …? Apa yang maksud bapak maksud dengan …?
|
Reflection
(refleksi)
|
Respon yang
memahamiemosi klien yang di ungkapkan secara verbal, untuk memperjelas
perasaan-perasaan yang di alami klien
|
Tampaknya anda
khawatir dengan haltersebut…? Halite membuat anda merasa cemas…?anda merasa
mereka menghianati anda dan halite membuat anda sedih..? hal tersebut membuat
anda marah …? Anda belum mampu mengatakan bahwa anda mencintai dia …. Dan hal
itu membuat anda cemas … menurut anda apa yang harus anda lakukan…? Anda
merasa marah ketikaanda tahu dia membohongi anda..?
|
Summarizing
(merangkum)
|
Digunakan pada akhir
interaksiuntuk mengulang danmerangkum proses interaksi yang panjang
menyimpulkan dan mengidentifikasi perkembangan proses interaksi yang
terapetik
|
Selama beberapa jam
anda dan saya telah membicarakan hal … anda mengatakan bahwa …hal ini berarti
…
|
Feedback
/validasi
|
Informasi khususyang
di berikan kepada seseorang dengan cara menggambarkan secara sederhana reaksi
seseorang terhadapperilaku yang di tampilkannya. Penerima feedback bebas
untukmenerima atau menolak gambaran ini
|
Katakana pada saya
apakah pemahaman saya tentang apayang anda ungkapkan benar atau salah…ketika
anda mengungkapkanperasaan/pikiran andatadi ini berarti,,,, apakah bapak
sudah dapat menyebutkan kembali apa yang baru saja di jelaskan tadi…?
Bagaimana bu …?apakah masih terasa nyeri …? ketika dia mengatakan hal tersebut,
anda merasa …
|
Giving
information (memberikan
informasi)
|
Memberikan
fakta-faktamenjwb pertanyaan klien dan memberikan informasi yang tidak di
ketahui atau tidak dimengerti oleh klien
|
Saya bias menjelaskan tentang
pengobatan yang sekarang anda dapatkan… kami memeliki grouf terapi di sini,
naa saya adalah ….jam berkunjung dirumah sakit ini adalah … tujuan saya
beradadi sini saat ini adalah… saya akan membawa anda pada situasi …
|
Touch
(sentuhan)
|
Respon verbal yang
baik, ketika emosi yang dalam tidak mampu d ungkapkan oleh seseorang.
|
Bersifat terapetik
bila hanya di lakukan dengan sentuhan di punggung,tangan dan bahu, perhatikan
budaya
|
Emphaty
(empati)
|
Mengenal dan memahami
perasaan klien
|
Saya dapat memahami
betapa hal tersebut menyakitkan bagi anda….
|
Restating
(mengulang kembali)
|
Mengulang kembali kata-kata yang di
ucapkan oleh klien untuk mengingtkan
klien tentang apa yang telah dikatakannya, membiarkan klien tahu bahwa dia didengarkan
|
Anda mengatakan andaakan segera
pulang…bosan…?
Klien: saya tidak dapat tidur, saya terjaga
semalam…Perawat:bapak terjaga semalaman.. ?
|
Identifying
theme (mengidentifikasi tema)
|
Bertanya pada klien
untuk mengidentifikasi pikiran, perasaan dan polaperilaku yang baru saja
terjadi
|
Jadi apa yang anda
lakukansetiap kali anda berselisih pendapat dengannya…? apa perasaan anda
ketika anda memeliki konflik dengan ayah anda …?
|
Focusing
(memfokuskan)
|
Membicara tentang
satu topiksampai di mengerti benar
oleh klien
|
Mari kita ke topic
semulamengeni…bisakah anda jelaskanlebih detail mengenai …? Apa yang terjadi
ketika anda merasakan hal ini…? Tampaknya topic ini akan lebih menarik jika
kita melihat darisisi … bisakah andamembericontoh mengenai apa anda maksudkan
…?saya harapkita bias berdiskusi tentang … lebih dalam lagi
|
Interpreting
(interprestasi)
|
Memberikanpandangan
pribadi kepada klien dengan menekankanmakna yang penting dari komunikasi yang
terjadi
|
Nampaknya hal
tersebut sangat berarti bagi anda … seolah-olah anda mendapat masalah besar
saat anda … hal yang ingin anda sampaikan mencoba mengataka sebenarnya
adalah… anda mencoba mengatakan
Bahwa… secara tidalk
sadar anda mencoba mengatakan bahwa …
|
Making
observation (observasi)
|
Memberi komentar
terhadap ap yag di lihat atau di dengar untuk memfasilitasi diskusi
|
Anda kelihtan tegang
pagi ini… saya perhatikan anda ….ibu tampak tidak nyaman ketika ibu
mengatakan…saya memperhatikan anda menggigit lidah anda ketika dia mengatakan
hal itu
|
Presenting
reality (menghadirkan realitas)
|
Memberikan
pandanganpribadi apa yang nyata dan apa yang tidak nyata, tanpa berargumntasi
dengan pasien
|
Saya tidak melihat
orang lain di ruang ini…suara itu berasal dari mobil yang di hidupkan
mesinnya di belakang rumah…ibumu saat ini tidak ada di sini,saya perawat…
saya tidak melihat gajah di sekitar sini…iniadalah rumah sakit, bukan hotel..
|
Encouraging
comparison
|
Menanyakan pada psien
persamaan-persamaan dan perbedaan -perbedaan tentang persaan, perilaku dan
situasi- situasi yang terjadi.
|
Hal ini terjadi
seperti…apakah andamempunyaipengalaman yang sama dengan mereka?pernahkah
halini terjadi sebelumnya…? Jadi apa perbedaan antara dua haltersebut..
?bagaimana hal ini dapat andabandingkan ketika anda…?apa respon anda ketika
hal itu terjadi.. apakah anda juga mealkukan…?
|
Belum ada Komentar untuk "TEHNIK KOMUNIKASI TERAPEUTIK"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia