Cara Pemeriksaan Tumbuh Kembang Pada Anak
Rabu, November 23, 2016
Tambah Komentar
Jumlah gigi anak berdasarkan umur
- Gigi susu (5 bulan-2,5 tahun) : sebanyak 20 buah
- Gigi tetap (7-11 tahun) : sebanyak 32 buah
B. DENVER DEVELOPMENTAL SCREENING TESS (DDST)
DDST ini meruapakan alat ukur untuk tumbuhg kembang anak, dan dapat di lihat dari beberapa aspek seperti
- Motoric kasar
- Motoric halus
- Bahasa
- Personal social
Baca Juga: Cara PemeriksaanAntropometri pada Bayi
Dan dikatakan abnormal jika
a. Didapatkan 2 atayu lebih keterlambatan pada sector atau lebih:
b. Dalam satu sektordi dapatkan 2 atau lebih keterlambatan dan di tambah satu sector atau lebih dengan satu keterlambatan dan pada sector yang sama tidak ada yang lulus
Hasil normal jika
a. Semua yang tidak tercantum dalam kriteria hasil tes abnormal, meragukan ataupun tidak dapat di uji
b. Hasil tes total normal meskipun terdapat satu keterlambatan pada salah satu sector, tetapi dapat melewati garis usia
Hasil tidak dapat di tes jika:
Terjadi penolakan yang menyebabkan hasil tes abnormal atau meragukan
Pola perkembangan bayi/anak sampai usia 5 tahun
USIA
|
PERKEMBANGAN ANAK
|
ADAPTASI
|
PERKEMBANGAN BAHASA
|
PERKEMBANGAN SOCIAL
|
4 minggu
|
Kepala merebah, reflex positif tonic
neck dan tangan mengepal
|
Melihat sekitarnya dan mata mengikuti
gerak-gerik sesuatu dengan selaput terbatas
|
Bersuara dan memperhatikan bel.
|
Melihat muka orang
|
16 minggu
|
Kepala tidak merebah lagi, letaknya
simetric dan tangan terbuka
|
Mengikuti gerak gerik, melihat benda
dan memegangnya bila diberikan
|
Tertawa dan memperdengarkan suara
|
Bermain dengan tangan dan pakaian,
mengenal botol dan bersiap-siap untuk makan
|
20 minggu
|
Duduk dengan sokongan kedua tangan
memegang, memegang kubus, melihat dan menyentuh kancing
|
Memindahkan kubus dari tangan dari
tangan satu ke tangan yang lain
|
Berteriak dengan senang atau
mengeluarkan suara-suara dan mendengarkan suaranya sendiri
|
Bermain dengan kaki mainan,
bersiap-siap untuk makan
|
40 minggu
|
Dududk tanpa sokongan kedua tangan,
merangkak, serta mengangkat tangan dan kaki
|
Bermain dengan dua kubus yang satu di
sentuhkan dengan yang lain
|
Mengucapkan satu perkataan,
memperhatikan namanya
|
Dapat bermain seperti sebelumnya dan
makan biscuit sendiri
|
1 tahun
|
Berjalan dengan bantuan, belajar
dengan urine,serta belajar memasukkan dan mengeluarkan sesuatu dari botol
|
Memindahkan kubus dari cangkir
|
Dapat mengucapkan sebanyak dua kata
atau lebih
|
Membantu ketika berpakaian ,memberikan
mainan bila diminta
|
1-4 tahun
|
Berjalan tanpa jatuh, duduk sendiri di
kursi kecil, menyusun tumpuksn dengsn tigs kubus
|
Mengeluarkan kancing dar botol, meniru
coretan dengan pola lurus
|
Berkata-kata tanpa arti dan belajar
mengenal gambar
|
Dapat menggunakan sendok walapun masih
berserakan, buang air kecil dan besar dengan teratur
|
2 tahun
|
Berlari menyusun tumpukan enam kubus
|
Meniru coretan dengan pola lingkaran
|
Memakai perkataan yang tidak berarti.
Menegerti beberpa petunjuk mudah
|
Dapat mengatakan buang air, seperti ‘’pipis’’
bermain boneka
|
3 tahun
|
Berdiri dengan kaki satu tanpa jatuh,
membuat tumpukan kubus dengan 10 tumpukan
|
|||
4 tahun
|
Berjinjit
|
Membuat pintu gerbang dengan lima
kubus, menggambar orang
|
Memakai kata penghubung, mengetahui
kata tambahan
|
Dapat mencuci dan mengeringkan muka,
dapat di minta untuk mengajukan sesuatu, bermain bersama
|
5 tahun
|
Berjinjit dengan kaki ganti-ganti
|
Dapat menghitung samapai 10
|
Berbicara lancer, mengucapkan
kata-kata pertanyaan seperti’’mengapa’’
|
Dapat memakai pakaian tanpa bantuan,
bertanya arti pertanyaan
|
Sumber: Askep anak dan neonatus (Hal 25)
Belum ada Komentar untuk "Cara Pemeriksaan Tumbuh Kembang Pada Anak"
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia