PENEMUAN BOM PERTAMA DI DUNIA YANG DI JATUHKAN DI JEPANG OLEH TENTARA AS

Perang sering mendatangkan penemuan-penemuan baru baik itu penemuan yang baik untuk kehidupan adapun penemuan dampak buruk bagi kehidupan manusia. Demikian pula dengan kejadian perang dunia ke -2 menghasilkan penemuan baru.Salah satu penemuan pada saat itu adalah di temukannya senjata pemusnah yang paling dahsyat dan ditakuti pada masa itu yakni bom atom atau bom nuclear.

Perang dunia ke-2 berlangsung antara tahun 1939-1945 ketika itu Jepang, Jerman dan sekutunya berperang menghadapi Inggris, Amerika Serikat, Rusia dan sekutunya

Pada awal perang Jerman memperoleh kemenangan-kemenangan besar atas Inggris dan Russia. Di pihaklain juga Jepang meperoleh kemenangan besar terutama atas Amerika Serikat ketika itu. Pearlhardbour di hancurkan Jepang.Karena itu Jepang dan Jerman mengancam kehidupan dunia.

Segala ,macam alat dan berbagai senjata di kerahkan untuk mendapat perang dunia tersebut. Peperangan itu mengeluarkan beraneka ragam senjata guna merebut peperangan.

Perang saat itu menduduki medan yang sangat luas. Begitu pula macam medan perangnya juga sangat berbeda, ada medan yang berhutan-hutan bergunung-gunung, gurun pasir, tentu saja semua medan tersebut memerlukan senjata yang berbeda pula, misalnya medan tempur yangberpulau-pulau kecil tentu saja memerlukan truk-truk yang kecil, maka lahirlah jenis kendaraan semacam Jeep.

Kekalahan-kekalahan perang membuat Amerika memutar otak untuk menenangkan perang  ketika itu ilmu pengetahuan sedang berkembang pesat. Saat itu manusia sudah mengenal kumpulan-kumpulan molekul, sedangkan molekul tersebut terdiri dari kumpulan atom electron dan proton. Jika electron terpisah maka akan menimbulkan tenaga yang sangat kuat dan menimbulkan sinar.

Amerika serikat kemudian membuat kota Manhatan sebagai pusat pengembangan pengetahuan tersebut supaya dapat menjadi senjata. Di sinilah  lahirbom atom pertama. Hasil yang sangat memuaskan.Bom atom pertama tercipta.Panjang bom itu 3 meter dan lebarnya kira-kir 7 cm. berat bom atom pertama itu adalah 4.860 kg.dengan menggunakan pesawat pembom B-29 Amerika menjatuhkannya di kota Hiroshima, Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945.

 Bom atom ke-2 berukuran, panjang 1,8 meter, lebar 1,5meter beratnya 4.500 kg. denga menggunakan pesawat yang sama, bom atom kedua di jatuhkan Amerika Serikat di kota Nagasaki, Jepang, pada 9 Agustus 1945

Akibat bom di kedua kota tersebut hancur sama sekali. Kehancuran yang di  akibatkan bom atom yang sangat hebat. Kehidupan di sekitar bom jatuh itu tidak ada kehidupan sama sekali, bahkan setelah puluhan tahun kemudian masih saja ada jatuh korban akibat bom atom itu. Korban tersebut ialah bayi yang lahir ketika bom di jatuhkan. Bayi yang terkena radiasi bom, akan menyimpan penyakit tersebut dalam tubuhnya. Kemudian hari penyakit kena radiasi itulah yang merenggut nyawanya.

Menurut perhitungan para ahli ketika itu selama puluhan tahun di sekitar bom meledak tidak dapat di huni.Itulah membuat Jepang menyerah dalam Perang Dunia ke-2 tersebut.


Sumber : Warnasari

Belum ada Komentar untuk "PENEMUAN BOM PERTAMA DI DUNIA YANG DI JATUHKAN DI JEPANG OLEH TENTARA AS"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel