ALEXANDER GERHAM BELL ADALAH BAPAK TELEPON

Telepon adalah alat untuk bercakap-cakap dari jarak jauh, alat ini di hubungkan oleh kabel.


            Dewasa ini perkembangan telepon semakin berkembang dengan perkembangnya telepon genggam atau sering di sebut HP



            Dengan mengenal telepon, sebaiknya kita tidak melupakan nama, Alexander Gerham Bell ia adalah ilmuwan Amerika yang berkelahiran Scotlandia sampai berumur 10 tahun dia belajar sendiri di rumah oleh ibunya. Ibunya, Eliza Grace Symonds Bell, adalah seorang pelukis foto dan musikus.



            Setelah selesai pendidikan di ‘’ Edenburg Royal Hight School’’.A.G Bell pindah ke London.Di London A.G Bell hidup bersama kakenya, Alexander Bell.Kakak ini bekerja sebagai guru besar dan mengajar bagi anak-anak tuli.



Keluarga Bell memang ahli mengajar anak-anak tuli. Bahkan ayah  Bell menemukan cara mengajar bicara orang-orang tuli.



Ayah A G Bell. Alexander Mervil Bell. Pada tahun 1865 pindah ke London.Alexander Mervil Bell melanjutkan pekerjaan Alexander Bell mengajar anak-anak tuli. Kemudian sejak 1868 A G Bell bekerja sama dengan ayahnya, Alexander Mervile Bell, untuk pekerjaan yang sama.akan tetapi selama di London Bell sering sakit-sakitan dan termasuk kakak dan adiknya A G Bell pun meninggal akibat serangan penyaki TBC.



            Pada tahun 1870 keluarga Bell pindah ke Kanadaia tinggal di daerah Branford, Ontario membuat kesehatan Bell pulih kembali.



Kemudian pada usia 24 tahun A G Bell sudah mengajar orang-,orang tuli di dekat Boston.

            Disisilah usaha Bell berkembang pesat disamping dia menguasai masalah bunyi dan mengajar orang tuli A.G Bell melanjutkan mengembangkan telegraf.Kita tahu bahwa telegraf adalah sebuah alat mengirim pesan dengan menggunakan kabel untuk jarak jauh.
A.G Bell berhasil membuat telegraf yang dapat digunakan untuk mengirim pesan satu atau dua kali sekaligus menggunakan satu kabel.Ketika itu 2 juni 1875, A.G Bell dengan pembantunya sedang mengadakan percobaan untuk telegraf. Mereka berada di ruangan yang berbeda


            A.G Bell terkejut ketika pada alatnya terjadi suara. Dia pikir pembantunya di ruang lain mengubah alat yang sedang di cobanya



            A.G Bell segera menemui nya tidak berbuat apa-apa pun, hanya di ruang itu ada barang jatuh. Suara itulah yang di kirim alatnya sampai ke tempat Bell.



            Itulah awal dunia baru.Bell mengembangkanya sehingga kini menjadi telepon.Esok harinya telepon yang pertamanya sudah jadi. Pada tanggal 7 maret 1876  A.G Bell mendapatkan hak paten atas penemuannya.



Sumber: Majalah Warnasari

Belum ada Komentar untuk "ALEXANDER GERHAM BELL ADALAH BAPAK TELEPON"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel