AWAL MANUSIA MENGGUNAKAN LISTRIK DI DUNIA

Awal Penggunaan Listrik- Dewasa ini hampir semua orang tahu apa itu yang di namakan listrik, apalagi dunia semakin modern ini semua peralatan hampir menggunakan listrik seperti computer, radio, kipas angin, pendingin ruangan atau AC juga menggunakn listrik ini.

Kapan sebenarnya manusia mulai menggunakan listrik?


Sebenarnya awal keberadaan listrik tidak langsung ada dan bisa di gunakan seperti dewasa ini akan tetapi melalui beberapa tahapan atau kejadian yang berkaitan dengan listrik. Lisrik di kenal manusia secara bertahap.Pertama kali orang yang mengetahui adanya listrik di alam ini adalah Thales.Orang bangsa Yunani orang yang hidup di antara tahun 640-546 sebelum masehi.

Thales bisa menggosok tongkat dari batu ambarnya dengan kain wol.Thales mengetahui setiap habis di gosok, tongkatnya dapat menggerakan benda ringan di dekatnya.Tetapi saat itu Tales belum bisa atau paham memecahkan masalah mengapa demikian.
 Pada tahun 1733 William Gillbert menyebut peristiwa tersebut di sebut adalah electric yang kata lainnya adalah listrik.Gilbert yang bangsa Inggris itu menggambil kata tersebut dari bahasa Yunani electron.Arti electron ialah batu ambar.
 Kemudian bangsa Prancis bernama Charles du Fay maju selangkah.Ia mengetahui bahwa elektrik mempunya dua medan yaitu positif (+) dan negative (-)
Charles du Fay hidup antara tahun 1698 sampai 1739.
Sejauh ini ternyata adanya di kenal; listrik barulah dalam dunia penyelidikan. Orang belum dapat menikmati manfaat dan listrik  tersebut. Sejak tahun 1800 barulah manusia mulai menikmati kegunaan ;listrik.
Peristiwa dalam tahun itu di awali dengan keberhasilan dengan seorang bernama  Alessandro Volta. Pada tahun tersebut dia berhasil membuat baterai adalah sumber listrik.Dari batrai itu kita dapat memperoleh listrik.
 Langkah besar selanjutnya bahwa Volta mengetahui bahwa listrik itu bagaikan air mengalir.
Dengan demikian berarti dia mengetahui dapat sangat berguna bagi manusia.Aliran tersebut mempunyai tenaga yang dapat di manfaatkan. Selajutnya volta juga membuat alat-alat dengan mengguanakan listrik.
 Sejak saat itu orang mulai berlomba-lomba mencari jalan dengan memanfaatkan listrik tersebut.Dunia perlistrikan melangkah lebih pesat lagi setelah penemuan Faraday. Jasa Michael Faraday sangat besar dalam masalah manemukan listrik salah satu penemuannya yang sangat luar biasa adalah ia berhasil menimbulkan listrik dengan jalan gerakan-gerakan magnet.
 Penemuan Faraday ini sama-sama merupakan sumber listrik seperti baterai buatan Volta, akan tetapi penemuan Faraday ini lain lagi. Penemuan Faraday sangat mendasari perlistrikan modern dewasa ini.
 Setelah penemuan Faraday ini perlistrikan dunia maju denga pesat.Atas dasar penemuan Faraday ini pula maka kini kita mengenal listrik seperti dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) luar biasa hebatnya ilmuwan-ilmuwan yang sangat berguna sampai sekarang.
Sumber: Majalah Warnasari

Belum ada Komentar untuk "AWAL MANUSIA MENGGUNAKAN LISTRIK DI DUNIA"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel