Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dengan Kejadian Diare Di Puskesmas Cibeureum

Petunjuk Pengisian :
Jawablah pernyataan ini dengan memberikan tanda checklist ( √ ) pada kotak yang telah disediakan (ya/tidak) berdasarkan pengetahuan, pendapatan, dan pengalaman Ibu dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. 

DATA DEMOGRAFIS
Nama Ibu : ……………………..
Umur Ibu : ……………………..
Pekerjaan Ibu : ……………………..
Alamat   : ……………………..
Pendidikan Ibu : 1.  SD
                2.  SMP
                3.  SMA
                4.  PT

Penghasilan Keluarga :1.  < Rp. 500.000 /bulan      
                                         2. Rp. 500.000 – Rp 750.000 /bulan
                 3.  > Rp. 750.000 /bulan


No                               Pernyataan                                                                    Ya               Tdk

1.Saya melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah memberi makan anak saya. 

2.Makanan yang akan dimasak terlebih dahulu saya cuci.

3.Sesudah membersihkan tinja anak saya dibiasakan untuk cuci tangan.

4.Setelah anak saya membuang tinja kamar mandi dan WC selalu dibersihkan.

5.Sebelum peralatan makan dipakai terlebih dahulu saya membersihkannya dengan air bersih dan sabun.

6.Bila anak saya akan bermain keluar rumah saya menganjurkan agar memakai alas kaki.

7.Saya tidak pernah mencuci tangan terlebih dahulu setiap sebelum dan sesudah memberi makan anak saya.

8.Setiap anak saya ingin membeli jajanan diluar rumah sebaiknya memilih jajanan yang akan dibeli.

9.Ketika saya sedang membaca buku ternyata diare itu adalah sakit perut.

10.Menurut pengetahuan saya bahwa pengertian diare adalah suatu pengeluaran tinja dengan konsistensi cair, frekuensi lebih dari 4 kali.

11.Pencegahan diare terhadap anak saya adalah dengan cara perilaku yang sehat serta lingkungan yang bersih dan sehat.

12.Makanan yang akan dimakan dan sesudah dimakan dibiasakan agar ditutup kembali.

13.Saya tidak pernah memilih jajanan anak saya diluar rumah.

14.Ketika balita saya ingin bermain keluar rumah saya tidak pernah menganjurkan memakai alas kaki.

15.Peralatan makan yang akan dipakai tidak pernah dicuci terlebih dahulu.

16.Penularan diare kepada anak saya terdapat pada makanan terkontaminasi oleh kuman.

17.Menurut pendapat saya diare pada anak terdapat pada perilaku yang tidak hygienis.

18.Pencegahan diare terhadap anak saya salah satunya dengan cara memakai sumber air yang bersih dan sehat.

19.Menurut pengetahuan saya diare dibagi menjadi dua yang pertama diare akut dan yang kedua diare kronis.


20.Penyebab diare terdapat pada makanan yang terkontaminasi oleh kuman, air yang kurang bersish dan tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

21.Salah satu komplikasi diare adalah dehidrasi.

22.Membersihkan lingkungan disekitar rumah agar selalu bersih dapat mencegah terjadinya diare.

23.Penularan diare terhadap anak saya terdapat pada air yang bersih dan juga makanan yang tidak terkontaminasi oleh kuman.

24.Menurut pendapat saya penyebab diare terdapat pada makanan yang sudah dicuci, air yang bersih dan cuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan air bersih dan sabun.

25.Bila anak saya terkena diare ada komplikasi diare yang diketahui adalah usus buntu.

26.Ketika anak saya terkena diare saya langsung membawanya ke puskesmas untuk ditindak lanjuti..

27.Sikap yang positif terhadap anak ketika sakit adalah segera membawa kepelayanan kesehatan..

28.Ketika anak saya diare langsung diberikan oralit agar tidak sering buang air besar.

29.Sikap yang baik menghadapi anak terkena diare adalah mendiamkan terlebih dahulu selama 3 hari untuk mengetahui masih terkena diare atau tidak.

30.Obat warung sering diberikan kepada anak saya bila sakit atau terkena diare.

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Dengan Kejadian Diare Di Puskesmas Cibeureum"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel