MANFAAT ASI EKSKLUSIF BAGI SI BAYI DAN KANDUNGANNYA DI DALAM ASI



manfaat-asi_eklsudif_bagi_bayi_dan_kandungannya
Manfaat ASI Eksklusif Bagi Sibayi - Menyususi adalah suatu proses alamiah. berjuta-juta ibu di seluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentyang pemberian ASI eksklusif bahkan ibu yang buta huruf  pun bisa menyusui anaknya dengan baik walaupun demikian
,dalam lingkungan kebudayaan kita saat ini melakukan yang alamaiah tidklah selalu mudah.

         Seiring dengan perkembanagan zaman, terjadi pula peningkatana ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat. Ironinya, pengetahuan lama yang mendasar seperti menyususi kadang terlupakan.

        Padahal  kehilangan pengetahuan tentang menyususi berarti kehilangan besar, karena menyususi adalah suatu ilmu pengetahuan yang selama  berjuta-juta tahun mempunyai peran yang penting dalam mempertahankan kehidupan manusia. Bagi ibu dalam hal ini berarti kehilangan kepercayaan diri untuk dapat memeberikan perawatan terbaik bagi bayinya dan bagi bayi berarti buakn asaja kehilangan sumber makanan yang vital akan tetapi juga kehilangan cara perawatan yang optimal.

                Di dalam denyut  kehidupan kota besar, kita lebih sering melihat bayi di beri susu botol dari pada di beri susu ibunya. Sementara di pedesaan, kita melihat bayi yang baru berusia satu bulan sudsah di beri pisang atau nadsi lembut sebagai tambahan ASI.

                Dan penelitian dari 900 ibu sekitar Jabotabek(1995) di peroleh fakta bahwa yang dapat memberi ASI eksklusif selama 4 bulan hanya sekitar 5%, padahal 98% ibu-ibu tersebut menyusui. Dari enenlitian tersenbut juga di dapatkan bahwa 37,9% dari ibu-ibu tersebut tidak pernah mendapatkan informasi khusus tentang ASI , sedangkan 70,4% ibu tak pernah mendengar informasi tentang ASI eksklusif.

                Sebenarnya menyusui, khususnya yang seacar eksklusif merupakan cara memberikan makanan bayi yang alamiah. Namun, sering kali ibu-ibu kurang mendapatkan informasi bahakan sering kali dapat informasi yang saklah tentang  manfaat ASI eksklusif, tentang bagaimana menyususi yang benar dus dan apa yang harus di lakukan bila timbul kesukaran dlam menyusui bayinya.

                Me nyususi adalah suatu seni yang harus di pelajari kembali. Untuk keberhasial menyusui tidak di perlukan alat-alat khusus dan biaya yang mahal. Yang di perlukan hanayalah kesabaran, waktu, sedikit tentrang pengetahuan tenytang menyusui, dan lingkungan yang mendukung terutama suami.

                Menyususi akan menjamin bayi tetap sehat dan memulai kehidupannya dengan cara yang paling sehat. Menyususi sebenarnya tidak saja memberikan kesempatan pada bayi untuk tumbuh menjadi manusia yang sehat secars fisik, akan tetapi lebih cerdas, mempunya emosiaonal yang lebih stabil, perkembangan spiritual yang positif, serta perkembangan social yang baik

                Di harapkan blog ini dapat menjadi salah satu penujang keberhasialan niat para ibu untuk menyususi bayinya khususnya menyususi bayi secara eksklusif.

APA ITU ASI EKSKLUSIF?

                Yaqng di maksud ASI eksklusif adalah bayi hanya di beri ASI saja tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air the, air putih dan tanpa tambahan makana padat seperti pisang, bubur, susu, biscuit, bubur nasi dan lain sebagainya.

                Pemberian ASI secara eksklusif ini di anjurkan untuk hjangka waktu setidak nya selama 4 bulan, tetapi bila mungkin sampai 6 bulan. Setelah bayi berumur 6 bulan ia harus mualai di perkenalkan dengan makanan padat, sedangkan ASI dapat diberikan sampaik bayi berusia 2 tahun atau bahkan lebih dari 2 tahu asalkan jangan sampai 5 tahun masih di kasih susu ASi.

                Para ahli menemukan bahwa manfaat ASI akan sanagat meningkat bila bayi hanya di beri ASI saja selama 6 bulan pertama kehidupannya. Peningkatan ini sesuai dengan lamanya pemberian ASI eksklusif serta lamanya pemberian ASI  bersama-sama dengan makanan padat setelah b ayi berumur 6 bulan.

                Berdasarkan hal-hal di atas, WHO/UNICEF membuat deklarasiyang di kenal dengan Deklarasi Innocenti (Innocent Declaration). Deklarasi yang di lahirkan di Innocent, Italia tahun 1990 ini bertujuan untuk melindungi, mepromosikan dan memeberikan dukudngan pemberian ASI. Deklarasi dan juga di tandatangani Indonesia ini memuat hal-hal berikut.

                Sbagai tujuan global untiuk meningkatkan kesehatan dan mutu makanan bayi  secara optimal maka semua ibu dapat memberika ASI ekslusif dan semua bayi di beri ASI eklusif sejak lahir sampai berusia 4-6 bulan. Setelah bayi berumur 4-6 bulan, bayi di beriakan makan pendamping/padat yang benar dan tepat, sedangkan ASI yang di teruskan samapai 2 tahun atau lebih. Pemebrian makan untuk bayi yang ideal seperti ini dapat di capai dengan cara menciptakan pengertian serta dukungan dari lingkungan sehingga ibu-ibu menyususi secara eksklusif.

                Pada tahun 1999, setelah pengalaman selama 9 tahun, UNICEF memberikankalrifikasi tentang rekomendasim jangka waktu pemebrian ASI eksklusif. Rekomendasi terbaru UNICEF bersama World Health Assembly (WHA) dan banyak negara lainnya adalah menetapkan jangka waktu pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan.

                Bayi sehat pada umumnya tidak memerlukan makanantambahan sampai usia 6 bulan. Pada keadaan-keadaan khusus di benarkan untuk mulai memberi mkanan padat etelah bayi berumur 4 bulan tetapi belum mencapai 6 bulan. Misalnya terjadi karena peningkatan berat badan bayi yang kurang dari standar atau di dapatkan tanda-tanda lain yang meununjukan bahwa pemebrian ASI eksklusif tidak berjalan dengan baik. Namun, sebelum di berikan makanan tambahan, sebaiknya cova di perbaiki dahulu cara menyususinya.  Cobalah hanya memberinya ASI saja tanpa memberi minuman atau makana lain, selain itu bayi harus sering di sususi, perhatian posisi menyususi dan jangan di beri dot atau empeng. Seacara umum usahan dahulu agar pemberiann ASI  dilakuakan sebaiknya mungkin. Apabila 1-2 minggu ternyata upaya perbaikan di atas tidak menyebabkan peningkatan berat badan, barulah di pikirkan pemberian makanan tambahan/padat bagi bayi berusia di atas  4 bulan tetapi belum mencapai 6 bulan.

                Terlepas dari rekomendasi baru dari UNICEF , masih ada pihak tetap mengusulkan pemberian makana padat mulai pada usia 4 bulan sesuai isi dengan Deklarasi Innocent (1990), yaitu’’ hanya di beri ASI sampai bayi berusia 4-6 bulan’’. Namun pengetahuan terakhir tentang efek negative pemberian makanan padat yang terlalu dini telah cukup menunjang pembaharuan definisi ASI eksklusif menjadi ‘’ASI saja samapai usia 6 bulan’’.

                Pemberian makanan padat tambahan yang terlalu dini dapat menggangu pemberian ASI eksklusif srta meningkatkan angka kesakitan pada bayi. Selain itu,  tidak di temukan bukti yang menyokong bahwa pemberian makan padat/tambahan pada usia  atau5 bulan lebih menguntungkan. Bahkan sebaliknya, hal ini akan mempunyai dampak yang negative terhadap kesehatan bayi dan tidak ada dampak positif untuk perkembangan pertumbuhannya.

Sumber: Majalah Warnasari

Belum ada Komentar untuk "MANFAAT ASI EKSKLUSIF BAGI SI BAYI DAN KANDUNGANNYA DI DALAM ASI"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik, Salam Perawat Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel